Wujud TJSL Pertamina Balongan Hadirkan Kedai Kopi Teman Istimewa

Khaerudin

kopi teman istimewa

Indramayu – Sespri Maulana, seorang Local Hero dari Pertamina Kilang Balongan, telah membawa angin segar bagi komunitas disabilitas di daerahnya melalui Kedai Kopi Teman Istimewa.

Kedai kopi ini merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Inklusi Teman Istimewa (PERINTIS), yang bertujuan untuk membuka akses pekerjaan dan ruang inklusi bagi teman-teman disabilitas.

Tinggal di dekat Sekolah Luar Biasa (SLB) Mutiara Hati, Sespri tidak pernah menyangka bahwa ia akan berkarya bersama teman-teman disabilitas.

Kedai Kopi Teman Istimewa, yang didirikan pada tahun 2023, menjadi wujud nyata dari program tanggung jawab lingkungan dan sosial (TJSL) Kilang Balongan.

Program ini memberikan kesempatan bagi para penyandang disabilitas untuk berkarir sebagai barista.

Sespri, yang sebelumnya bekerja di industri kreatif dan memiliki pengalaman sebagai barista, direkrut oleh Kilang Balongan untuk mengembangkan program PERINTIS.

Dalam perannya sebagai Local Hero, Sespri bertindak sebagai pelatih dan pendamping bagi tujuh barista tuna rungu wicara di kedai kopi yang didirikan di halaman rumahnya.

“Saya berharap teman-teman disabilitas ini tidak hanya bisa membuat kopi, tapi juga belajar mengelola keuangan dan mengembangkan diri,” ujar Sespri, dikutip pada Sabtu (25/5/2024).

Ia memiliki harapan besar bahwa para barista ini akan terus berkembang, membuka usaha sendiri, dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi teman tuli lainnya.

Sespri meyakini bahwa Kedai Kopi Teman Istimewa menjadi bukti bahwa teman tuli memiliki potensi yang luar biasa.

Melalui program ini, ia berharap kedai tersebut dapat menjadi ruang inklusi bagi teman-teman disabilitas untuk berkarya bersama.

Para barista yang terlibat dalam program ini berasal dari SLB Mutiara Hati. Sebelum bekerja di kedai, mereka diberikan pelatihan membuat kopi. Pemilihan kopi sebagai fokus unit usaha bukan tanpa alasan.

Kilang Balongan melihat kopi sebagai media yang mampu mencairkan komunikasi, menjadi sumber inspirasi, dan menciptakan ruang inklusi bagi teman-teman disabilitas.

Kehadiran Kedai Kopi Teman Istimewa menunjukkan bahwa dengan bimbingan dan dukungan yang tepat, teman-teman disabilitas dapat berkembang dan berkontribusi secara signifikan dalam masyarakat.

Program PERINTIS dan dedikasi Sespri Maulana menjadi contoh nyata bagaimana inklusi dapat diwujudkan melalui usaha kreatif dan berkelanjutan.

Related Post

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer