Sosialisasikan Aturan Tata Ruang, Bupati Indramayu Tegaskan Investasi Tidak Sebabkan Alih Fungsi Lahan

Khaerudin

sosialisasi tata ruang

Indramayu – Bupati Indramayu, Nina Agustina, Senin (4/12/2023) ini membuka kegiatan sosialisasi perundang-undangan bidang tata ruang yang meliputi pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), Lahan Sawah yang Dilindungi (LSD), dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu ini berlangsung di Hotel Grand Trisula.

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri oleh para perangkat daerah Pemkab Indramayu, instansi vertikal di kabupaten tersebut, Perwakilan Anggota Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Kabupaten Indramayu, dan Asosiasi Pengembang Perumahan.

Dalam sambutannya, Bupati Nina Agustina menekankan pentingnya peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang tata ruang.

“Semoga bapak dan ibu yang hadir dapat lebih memahami penataan ruang secara mendalam,” ucapnya.

Indramayu, yang merupakan salah satu kabupaten dalam Kawasan Rebana, mendapat sorotan sebagai lokasi potensial bagi investor.

Dalam rangka mendukung Kawasan Rebana, Kabupaten Indramayu dalam revisi RTRW-nya menetapkan 14.000 hektare sebagai kawasan peruntukan industri, membuka peluang investasi dengan memperhatikan potensi lokal seperti pertanian, perikanan, peternakan, dan eksplorasi migas.

Bupati Nina juga mengajak para peserta untuk berkontribusi aktif dalam pengendalian ruang. Tujuannya adalah agar investasi yang masuk tidak mengubah fungsi lahan pertanian yang telah ditetapkan, sehingga Lahan Sawah yang Dilindungi dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) tetap terjaga.

“Mari kita bersama berperan aktif dalam pengendalian ruang, sehingga investasi yang masuk tidak menyebabkan alih fungsi lahan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti, menyampaikan bahwa Indramayu sudah memiliki RTRW yang tertuang dalam Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Indramayu Tahun 2011 – 2031, yang saat ini sedang direvisi.

“Dinas PUPR terus berupaya meningkatkan perencanaan penataan ruang sehingga kelak dapat mewujudkan pemanfaatan ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan,” ujar Asep.

Dalam acara sosialisasi ini, diserahkan secara simbolis dokumen Peraturan Bupati Indramayu No 50 tahun 2023 tentang Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Perkotaan Indramayu tahun 2023 – 2043.

Related Post

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer