Pertamina RU VI Balongan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Khaerudin

pertamina balongan gelar upacara peringatan hari lahir pancasila 2024

Indramayu – Kilang Pertamina Balongan, yang berlokasi di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Kilang ini dikenal sebagai tempat kerja yang penuh dengan keragaman, di mana para pekerjanya berasal dari berbagai suku dan agama.

General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan, Sugeng Firmanto, mengungkapkan bahwa kemajemukan di kilang ini merupakan anugerah yang memperkuat soliditas dan kerja sama di antara para pekerja.

“Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” ujar Sugeng Firmanto saat memberikan amanat pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di lingkungan Pertamina RU VI Balongan, Sabtu (1/6/2024).

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” sangat relevan dengan situasi di Kilang Balongan.

Sugeng Firmanto, saat membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, menekankan bahwa Pancasila mampu menyatukan masyarakat Indonesia yang beragam dalam hal suku, agama, budaya, dan bahasa.

“Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan untuk menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ujar Sugeng.

Dalam amanat tersebut juga disampaikan bahwa Pancasila telah terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah.

Hingga saat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh sebagai bangsa yang besar dan tangguh. Sugeng Firmanto juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di RU VI Balongan diikuti oleh puluhan perwira dan pekerja Kilang Balongan, anggota TNI-Polri, serta perwakilan dari Rumah Sakit Pertamina Balongan.

Momentum bersejarah ini menjadi pengingat akan pentingnya menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari demi mencapai Indonesia Emas 2045.

Related Post

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer