Pertamina Balongan Terapkan Good Housekeeping untuk Optimalkan K3

Khaerudin

good housekeeping pertamina ru vi

Indramayu – Penerapan Good Housekeeping (GHK) atau Tata Kelola yang Baik adalah elemen kunci dalam program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di perusahaan.

Kilang Balongan tidak terkecuali, dengan penataan kerja yang baik memberikan dampak positif terhadap produktivitas dan keselamatan kerja bagi para pekerja dan perusahaan.

PT KPI Unit VI Balongan melalui Fungsi HSSE & OPI baru-baru ini menggelar kembali acara Peka, JSI, & Swat (PJS) Catch Up tahun 2024 di Rooftop gedung Amanah RU VI. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan standar keselamatan kerja di kilang tersebut.

“Kilang yang dikelola dengan baik akan menciptakan lingkungan yang bersih dan aman,” ujar Sugeng, perwakilan manajemen Kilang Balongan, dalam sambutannya, dikutip pada Kamis (20/6/2024).

Sugeng menambahkan bahwa lingkungan kerja yang aman dan sesuai standar keselamatan akan mendukung produktivitas pekerja, sehingga HSSE Excellence dapat tercapai seiring kelancaran operasi kilang.

Program PJS Catch Up adalah kegiatan bulanan yang bertujuan menjaga dan meningkatkan kesadaran serta tanggung jawab Tim Manajemen, section head, seluruh pekerja, dan mitra kerja dalam menjalankan operasi.

Kegiatan ini melibatkan observasi lapangan secara masif dan serentak, meliputi Pengamatan Keselamatan Kerja (Peka), Joint Safety Inspection (JSI), dan Safety Walk & Talk (SWAT).

Pada kesempatan ini, observasi PJS Catch Up difokuskan di area tangki penimbunan minyak tanah dan BBM.

Tujuan utama adalah memastikan keandalan peralatan Lightning Protection System (LPS) dan menjaga kebersihan area tangki, yang sangat penting untuk keselamatan dan efisiensi operasi kilang.

Melalui kegiatan seperti PJS Catch Up, diharapkan kesadaran dan kepedulian terhadap keselamatan kerja terus meningkat, menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan produktif bagi semua pihak yang terlibat.

Related Post

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer