Kilang Balongan Rahi 4 Penghargaan Pada Ajang ISEA

admintandas

Indramayu – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali mencatatkan prestasi dengan meraih 4 penghargaan sekaligus pada ajang Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2023 yang diselenggarakan First Indonesia Magazine.

Dari 4 penghargaan tersebut, 3 kategori penghargaan diberikan untuk perusahaan (PT KPI RU VI) di antaranya The Best Occupational Health, The Best Safety Management in BUMN Company, dan The Most Safety Culture. Sedangkan 1 penghargaan lagi dianugerahkan kepada General Manager PT KPI RU VI Balongan Sugeng Firmanto sebagai The Best Leadership in Safety Culture.

Penghargaan diterima oleh Senior Manager Operational and Manufacturing PT KPI RU VI Iwan Kurniawan mewakili General Manager di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Disampaikan SMOM Iwan Kurniawan, penghargaan ini menunjukkan bahwa Kilang Pertamina Balongan merupakan industri migas yang menerapkan sistem keselamatan kerja dengan sangat baik guna menghindari segala macam kecelakaan kerja sekecil apapun terhadap seluruh aktivitas pekerja di lingkungan RU VI Balongan.

Diterangkan Iwan, sebagai industri yang memiliki risiko tinggi terhadap insiden, Kilang Balongan setiap saat selalu mengingatkan kepada seluruh insan agar selama bekerja tetap mengutakan aspek keselamatan kerja, di antaranya melalui penggunaan APD yang benar, penggunaan peralatan kerja seuai standar dan telah melalui inspeksi petugas HSSE, dan menerapkan HSSE Golden Rules maupun Corporate Live Saving Rules (CLSR) perusahaan.

“Kami bangga kepada seluruh pekerja, mitra kerja maupun kontraktor yang selalu mematuhi aspek HSSE demi terciptanya suasana kerja yang aman”, kata Iwan.

Selain aspek safety, aspek kesehatan kerja juga menjadi salah satu fokus utama Pertamina Balongan terhadap semua pekerja. Hal ini diimplementasikan melalui rutinitas pemeriksaan harian pekerja setiap hari sebelum memulai pekerjaan yang dikenal dengan DCU (Daily Check-Up), pelaksanaan program wellness guna meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran pekerja, senam bersama setiap Jumat, menggelar seminar-seminar kesehatan, dan sebagainya.

“Semoga penghargaan yang diraih bersama ini semakin menambah semangat kita semua untuk kemajuan RU VI dan pencapaian Visi Misi perusahaan”, ungkap Iwan.

Iwan berharap seluruh aktivitas di Kilang Balongan bisa terus berlangsung dengan aman sehingga tugas Kilang Balongan dalam memproduksi kebutuhan BBM dalam negeri bisa berjalan lancar.

ISEA 2023 merupakan kegiatan corporate rating tahunan di bidang K3 dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi divisi K3 di perusahaan. Di antaranya melalui transformasi digital tanpa mengesampingkan keselamatan dan budaya kerja di lingkungan perusahaan yang cepat berubah, serta membangun merawat dan budaya keselamatan di perusahaan. Adapun kegiatan ISEA 2022 dilalui dengan beberapa tahap yang meliputi penjurian dan penilaian dari para dewan juri akademisi.

Penulis : Khaerudin

Related Post

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer